Sejarah Internet

Internet yang merupakan kependekan dari International Network merupakan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain yang ada di seluruh dunia. Saat ini internet menjadi media pendukung yang berperan besar dalam kegiatan manusia sehari-hari. Internet bisa digunakan sebagai sarana belajar, pemasaran, komunikasi, dan berbagai macam kegiatan yang lain. Kegiatan-kegiatan tersebut akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan internet yang semakin maju.

Sejarah Asal Mula Internet

Internet pertama kali dikembangkan oleh ARPA (Advanced Reasearch Project Agency) yang merupakan sebuah badan pemerintahan Amerika. ARPA ini bertugas untuk membuat teknologi yang bisa digunakan dalam bidang pertahanan dan militer. ARPA kemudian membentuk satu tim yang khusus mempelajari tentang jaringan komputer.

Tim ini mempunyai tugas untuk membuat suatu jaringan informasi yang tidak terpusat, sehingga saat jaringan yang satu mati atau rusak, jaringan yang lain masih bisa digunakan. Dan pada tahun 1965, tim ARPA berhasil membuat sebuah jaringan yang menghubungkan dua buah komputer di Laboratorium MIT Lincoln dan Santa Monica dengan menggunakan jaringan telepon berkecepatan 1.200 bps.

Empat tahun kemudian yaitu pada tahun 1969, tim ARPA yang melakukan riset tentang jaringan computer dan dikenal sebagai ARPANET sudah berhasil membuat sebuah jaringan yang menghubungkan empat tempat yaitu UCLA, Stanford, University Santa Barbara dan University of Utah. Dan pada tahun 1971, antar komputer yang satu dengan yang lain sudah bisa berkirim pesan dengan menggunakan program pengirim pesan, yang di kemudian hari hal tersebut menjadi cikal bakal email.

Perkembangan internet dan teknologi pendukungnya semakin mengalami perkembangan dan pada tahun 1972, ARPANET mendemonstrasikan jaringan komputer yang terdiri dari 40 komputer di depan publik. Setahun kemudian yaitu pada tahun 1971, jaringan global yang menjadi cikal bakal internet sudah mulai terlaksana dengan koneksi antara University of London di Inggris dengan Royal Radar Establisment di Norwegia.

Saat itu jaringan yang dibuat sudah menggunakan protocol yang memungkinkan sebuah komputer melakukan transfer file kepada komputer lain. Hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal protocol internet yang ditemukan oleh Vint Cerf pada tahun 1974. Protocol ini kemudian dinamakan Transmission Control Protocol (TCP) yang menjadi protocol standar internet sampai sekarang. Vint Cerf inilah yang kemudian hari dikenal sebagai Bapak Internet.

Software Pendukung Perkembangan Internet

Seiring berkembangnya teknologi internet, teknologi software yang mendukung teknologi internet ini juga semakin berkembang. Misalnya saja web browser yaitu software yang digunakan untuk menjelajahi internet. Saat pertama kali ditemukan yaitu pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, tampilan web browser masih sangat sederhana dan masih berupa teks saja. Kemudian Marc Adreesen bersama dengan Eric Bina menciptakan web browser Mosaic yang sudah menggunakan Graphical User Interface (GUI) yaitu sarana interaksi antara pengguna dan komputer yang berupa tampilan gambar. Saat itu Mosaic merupakan web browser yang paling pintar dan bagus tampilan GUI nya.

Sedangkan untuk email sendiri, saat pertama kali diciptakan oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971, masih berupa program yang digunakan untuk meninggalkan pesan di computer yang sama. Jadi ketika ada orang lain yang menggunakan computer tersebut, orang tersebut bisa membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai sebelumnya. Ray kemudian mengembangkan program tersebut untuk mengirimkan pesan ke computer lain yang masih berada dalam jaringan ARPANET dengan menggunakan protocol yang diberi nama CYPNET.

Program tersebut berhasil mengirimkan pesan ke komputer lain dan Ray Tomlinson adalah orang pertama yang mengirimkan email dan berisi “QWERTYUIOP”. Seiring semakin banyaknya pengguna internet, saat ini ada 1,3 orang yang menggunakan email atau surat elektronik ini.

Sejarah Internet di Indonesia

Untuk pertama kalinya di Indonesia, internet digunakan pertama kali oleh Universitas Indonesia pada tahun 1988. Tokoh-tokoh seperti Onno W. Purbo, Firman Siregar, Robby Soebiakto adalah orang-orang yang memajukan dunia internet di Indonesia. Saat itu biaya akses internet sangat mahal. Kemudian pada tahun 1994, IndoNet yang merupakan ISP komersial pertama di Indonesia berdiri dan dipimpin oleh Sanjaya.

Sejak saat itu, perkembangan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan dan saat ini bisnis dalam bidang internet merupakan salah bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni.

 

 

Sumber: http://www.AnneAhira.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ClassPiano

Free Sheet Music Composed by Regan Starr

Vinta FaNta

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

my zone

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

Diary Polos Anak Sekolah

Just another WordPress.com site

Wiwit's Story

Just another WordPress.com site

Ayy-Chan

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: