Say No to Acne

Jerawat sebenernya bermula dari produksi kelenjar minyak berlebilan di bawah kulit, ditambah penumpukan kulit mati dan bakteri yang bercampur jadi satu. Ini membuat pori-pori tersumbat dam menimbulkan radang kulit di kulit wajah. Jerawat paling rajin ‘datang’ saat kita berumur 12-25 tahun. Hal itu terjaadi karena peningkatan hormon Androgens atau hormon maskulin pada tubuh, yang mengakibatkan produksi sebum/minyak yang berlebihan pada kulit. Jerawat juga akan semakin subur saat hormon tidak stabil, saat stres atau mendekati waktu datang bulan.

Mencegah si jerawat muncul:

  1. Wash our skin regularly. Setidaknya dua kali sehari atau setelah aktivitas yang membuat kita berkringat berlebihan. Tapi jangan mencuci muka terlalu sering juga, karena bisa membuat kulit terlalu kering.
  2. Hindari rambut menutupi wajah. Produk perawatan rambut sering mengandung minyak atau zat kimia yang akan menimbulkan jerawat. Selain itu, poni atau rambut yang menempel di wajah yang kotor atau berminyak juga membantu jerawat berkembang biak di wajah mulus kita. Soalnya rambut kita juga menghasilkan minyak juga lho.. gals!
  3. Makan makanan yang mengandung nutrisi tepat dengan diet seimbang. Dengan kata lain, makanan yang mengandung serat, Zinc dan makanan mentah atau alami, seperti sushi atau makanan yang direbus. Hindari minuman yang mengandung alkohol, susu full cream, asap rokok, kafein, gula, dan makanan tinggi yodium.
  4. Tidur cukup. Waktu tidur yang normal adalah 7-8 jam sehari. Sebaiknya, kita tidur pada pukul 9 atau 10 malam, karena pada saat kita benar-benar tertidur lelap, ada hormon yang membantu kita untuk detoksifikasi atau membuang racun yang ada di tubuh kita kurang lebih selama 4 hingga 8 jam.
  5. Jauhkan dari stres. Stres besok ujian? Stres karena mantan sudah punya pacar baru? Take a deep and relax. Daripada mikirin hal yang bikin kita bete, mending kita mikirin hal-hal yang menyenangkan atau melakukan aktivitas seru.

Ketika jerawat sudah menyerang..

  1. Sama dengan tips yang pertama untuk mencegah jerawat: Wash our skin regularly. Bedanya, kita harus memakai sabun cuci muka yang berfungsi mengurangi radang dan mengobati jerawat. Coba cek di bagian ingredients, biasanya untuk menyembuhkan dan mencegah datangnya jerawat kita mengandung: Topical Tretinion, Benzoyl Peroxide, Adapalene, atau Salicylic Acid .
  2. gunakan produk kencantikan, seperti pelembab atau bedak yang non comedogenic atau non acnegenic. Dengan kata lain, produk-produk yang alami dan ringan digunakan. Karena make up yang terlalu keras dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin “subur”.
  3. Jauhkan rambut dan tangan dari wajah. Rambut yang menempel di wajah terlalu lama dapat membuat jerawat berjambah dan semakin meradang, selain itu tangan yang kotor justru menjadi penyalur bakteri ke wajah kita.
  4. Jangan biarkan jerawat yang mulai mengering terkena sinar matahari berlebihan. Karena saat itu, kult kita mudah sensitif dan timbul iritasi bila terkena sinar matahari berlebihan.

disunting dari Kawanku Magazine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ClassPiano

Free Sheet Music Composed by Regan Starr

Vinta FaNta

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

my zone

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

Diary Polos Anak Sekolah

Just another WordPress.com site

Wiwit's Story

Just another WordPress.com site

Ayy-Chan

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: