8 Jurus Menembus UN

1. Lupakan Sistem Kebut Semalam
Maksimalkan usaha keras kita dua minggu minggu sebelum hari ujian. nah, beberapa hari lagi menjelang UN, lebih baik kita rileks dan santai aja. minggu tenang gitu lho.. tujuannya supaya otak kita bisa rileks. Ketika otak kita rileks, apa saja yang sudah kita pelajari akan tertanam dengan lebih kuat di kepala kita. Alias enggak gampang lupa. Justru kalau kita maksain belajar last minute, biasanya apa yang kita pelajari itu enggak nempel di kepala, akibatnya, pas kertas ujian ditaruh depan muka kita, kita panik, terus lupa deh sama semua yang udah kita pelajari.. Enggak usah merasa usaha kita belum maksimal. Pede aja. Kalau memang dirasa perlu, kita bisa kok baca-baca ulang bahan ujian yang sudah kita pelajari sebelumnya di minggu tenang itu.

2. Berdo’a
Jangan lupa untuk berdoa ya. Kita kan cuma bisa berusaha sementara keputusan akhirnya Yang Di Ataslah yang menentukan. So,biar batin lebih mantap dan tenang saat mengerjakan ujian, jangan lupa banyak-banyak berdoa yaa!!

3. Siapkan Senjata
Istilahnya UN tuh, perang. jadi senjata yang kita persiapkan punharus lengkap. Pastikan alat tulis kita sudah lengkap. pulpen, penggaris, pensil 2B, rautan, penghapus, papan alas ujian, semua sudah masuk tas, kan?

4. Ketawa Ngakak
Ujian bukan berarti kita harus selalu pasang muka serius. Sebelum saatnya tiba untuk kita masuk ke dalam kelas, coba bercanda dulu sama teman-teman. Cerita hal-hal yang lucu dan ketawa ngakak sekeras-kerasnya. Selain bisa menghilangkan rasa panik dan mules, penelitian University of California juga mengatakan, ketawa dengan keras dapat merangsang kerja otak secara positif. Yey! Pasti sukses deh ujiannya.

5. Sarapan
Mungkin sebagian dari kita enggak terlalu terbiasa sarapan, tapi kali ini, khusus buat hari ujian, coba deh usahakan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Misal, kita bisa memilih menu roti gandum utuh, oatmeal, bubur kacang hijau atau tempe. Soalnya, karbohidrat ini berguna untuk memacu hormon serotonin yangbikin pikiran kita jadi rileks. So, yea, breakfast indeed, very important.

6. Cari Inspirasi
Pas udah mulai mengerjakan soal ujian, dan kita sudah merasa pusing mikirin jawaban untuk soal yang susah, usap lingkaran luar telinga kita. Usap telinga kanan pakai tangan kanan, telinga kiri pakai tangan kiri. Gerakan simple ini bisa bikin otak kita jadi rileks, sehingga mikir pun lebih cepat.

7. Minum Teh
Selain sarapan, ada lagi nih, minuman yang berguna buat menunjang performa kita saat ujian. Sebelum berangkat ke lokasi ujian, sempatkan dulu untuk minum secangkir teh. Penelitian di Inggris membuktikan, teh mampu mengurangi level cortisol (hormon stres) dalam darah.

8. Yoga Singkat
Sepuluh menit sebelum ujian mulai, coba cari posisi senyaman mungkin di tempat duduk kita. Lalu lakukan gerakan yoga singkat seperti ini: lipat kedua tangan (dalam posisi berdoa) ke belakang punggung, lalu tarik bahu dan pundak kita ke belakang. Miringkan kepala ke belakang dan tariklah napas dalam-dalam. Yoga singkat ini berguna buat bikin kita lebih tenang dan rileks.

2 Comments (+add yours?)

  1. instreezcommunity
    Jan 29, 2011 @ 05:32:22

    ada jurus pha ge slaen 2??????????????????

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ClassPiano

Free Sheet Music Composed by Regan Starr

Vinta FaNta

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

my zone

Just another WordPress.com site

Just another WordPress.com site

Diary Polos Anak Sekolah

Just another WordPress.com site

Wiwit's Story

Just another WordPress.com site

Ayy-Chan

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: